People every day to eat from the mouth down, filling her stomach. Is it every day to eat from the mouth upwards, filling his brain (learning)?
(
Meladee McCarty)

Jumat, 10 Desember 2010

LAN (Local Area Network)

Kata Pengantar

Puji Syukur ke hadirat Allah SWT karena rahmat serta karunia-Nya kelompok kami dapat membuat makalah ini. Salawat serta salam semoga selaalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jalan yang gelap gulita ke jalan yang terang benderang.
Pada kesempatan ini kelompok kami akan menguraikan sedikit banyak tentang jaringan komputer yaitu khususnya jaringan LAN berkabel (wired network), klasifikasi jaringan LAN berkabel ( wired network), dan bagaimana jaringan LAN berkabel (wired network) saling berhubung ? sebelum kita menjawab hal tersebut, perlu kiranya kita mengetahui apa jaringan LAN berkabel (wired network) itu sebenarnya.
Pengertian jaringan LAN berkabel (wired network) dan bentuk serta jenisnya akan kita bahas pada bab-bab dalam makalah ini. Selain itu kami juga akan menjelaskan tentang hardware apa saja yang diperlukan dalam sebuah jaringan komputer.
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini tidaklah sempurna. Namun, besar harapan kami agar makalah ini dapat menjadi sumber referensi bagi pembaca serta bias dimanfaatkan untuk memperluas ilmu pengetahuan khususnya tentang jaringan komputer.







BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari komunikasi. Komunikasi merupakan sangat hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial, karena dengan komunikasi kita bias dapat saling berinteraksi satu sama lain. Komunikasi bisa dilakukan secara langsung dengan tatap muka dan juga bisa lewat jarak jauh. Untuk melakukan komunikasi jarak jauh tersebut dibutuhkan alat yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain.
Komunikasi jarak jauh dapat ditempuh melalui telepon, gelombang radio elektromagnetik, dan televisi, dan melaui itu semua dunia jadi lebih kecil karena orang dapat mengetahui dan mendapatkan informasi tentang hal yang terjadi di belahan dunia lain di dunia ini.
Dalam telekomunikasi, informasi disampaikan melaui sinyal. Sinyal ada dua macam, sinyal digital dan sinyal analog. Sinyal digital yaitu sinyal yang diwakili oleh angka 0 dan 1. Sedangkan sinyal analog yaitu sinyal yang terus menerus dengan variasi kekuatan dan kualitas misalnya suara, cahaya, suhu yang dapat berubah-ubah kualitasnya. Data analog dikirimkan dalam bentuk yang berkelanjutan, sinyal elektrik berkelaanjutan dalam bentuk gelombang. Televisi, telepon dan radio adalah teknologi komunikasi yang menggunakan sinyal analog, sedangkan komputer menggunakan sinyal digital untuk transfer informasi. Namun saat ini sinyal digital juga digunakan untuk suara, gambar dan gabungan keduanya. Di sisi lain, computer yang awalnya dimanfaatkan sebagai mesin penghitung dan pengolah data, digunakan sebagai alat komunikasi sejak adanya jaringan komputer.


I.2 Batasan Masalah
Batasan masalah pada makalah dari kelompok kami yaitu, kami menguraikan tentang jaringan komputer yaitu LAN berkabel (wired network).
I.3 Tujuan
Adapun tujuan dari kelompok kami menulis makalah ini adalah sebagai tugas mata kuliah sistem informasi manajemen dan kemudian di persentasekan agar bermanfaat bagi seluruh mahasiswa.















BAB II
PEMBAHASAN
JARINGAN LAN BERKABEL (WIRED NETWORK)

II.1 Pengertian LAN berkabel (wired network)
Secara umum LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.
Pada makalah ini kelompok kami akan membahas jaringan LAN berkabel (Wired Network). Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. Namun, pada jaringan LAN khususnya jaringan berkabel (wired network) menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dalam jarak yang terbatas. Berdasarkan kabel yang digunakan ,ada dua cara membuat jaringan LAN, yaitu dengan kabel BNC dan kabel UTP. Namun yang pada umumnya digunakan adalah kabel UTP, dan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah jaringan LAN berkabel (wired network) dengan menggunakan kabel UTP.

II.2 Keuntungan Jaringan LAN berkabel (wired network)
Keuntungan Jaringan LAN.
• Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
• Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
• File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
• File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.
• Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
• Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
• Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat.
• Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem.

II.3 Klasifikasi Jaringan LAN Berkabel (wired Network)
Berdasarkan fungsi , Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
• Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.



• Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

II.4 Topologi Jaringan yang biasa digunakan dalam jaringan LAN berkabel (wired network)
Dalam merancang sebuah jaringan Local Area Network (LAN), sangat perlu ditentukannya topologi jaringan yang akan digunakan agar nantinya sesuai dengan kebutuhan kita, ini penting karena sangat berpengaruh terhadap penggunaan dan proses perawatan jaringan itu sendiri serta pengembangannya ke depan.
Jika terjadi kesalahan dalam penentuan topologi jaringan mengakibatkan mubazirnya jaringan yang terpasang dan hanya menghabiskan biaya semata karena jaringan yang terpasang tidak dapat berfungsi secara optimal.
Untuk penentuan Topologi jaringan LAN mana yang akan di pasang dan sesuai dengan kebutuhan serta biaya yang tersedia di perusahaan tempat kerja kita sebaiknya kita mengenal dulu beberapa topologi LAN yang sudah tentu memiliki beberapa kelebihan serta kekurangannya masing-masing sepeti berikut :



Topologi BUS






Dikatakan topologi BUS karena cara menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan lokal yang berbentuk sepertu jalur BUS.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari topologi BUS adalah sebagai berikut :
Kelebihan
-Hemat Kabel
-Perancangan kabel sederhana
-Mudah dikembangkan
Kekurangan :
-Kesalahan sulit dideteksi
-Terjadi kepadatan lalulintas data pada jalur tertentu
-Diperlukan penguat/repeater untuk jarak jauh


Topologi Ring/Cincin







Topologi Ring adalah cara menghubungkan beberapa computer dalam satu jaringan sehingga berbentuk seperti cincin/ring (lingkaran).
Transfer data di lakukan dari salah satu client di kirim ke setiap node/simpul, kemudian setiap node atau simpul mengecek informasi data tersebut apakah untuk client itu atau bukan.
Kelebihan :
-Memiliki 2 (dua) jalur komunikasi
-Hemat kabel
Kekurangan :
-Pekah terhadap kesalahan
-Dapat menimbulkan kepadatan lalulintas bila banyak komputer dalam jaringan
-Kaku dalam pengembangan jaringan
Topologi Bintang/Star

Topologi bintang adalah menghubungkan beberapa unit computer dalam satu jaringan berbentuk seperti bintang/star.
Komunikasi data yang terjadi pada topologi Star ini adalah terpusat pada satu pengontrol komunikasi data. Pusat dari komunikasi data tersebut disebut server dan komputer lainnya di sebut klien/client.
Kelebihan :
-Kerusakan pada satu saluran tidak mengganggu saluran lainnya
-Tingkat keamanan termasuk tinggi
-Tahan terhadap kesibukan lalulintas data dalam jaringan
-Penambahan maupun pengurangan stasiun tidak mengganggu stasiun lainnya
-Mudah dalam mendeteksi kesalahan
-Mudah dalam perawatan jaringan
Kerugian :
-Boros kabel
-Perlu adanya penangan khusus
-Hub menjadi elemen yg sangat kritis
II.5 Contoh Jaringan LAN Berkabel (wired network)
Dalam makalah ini kelompok kami akan mencoba menguraikan contoh jaringan LAN berkabel (wired network), dan kami mengambil contoh pada warnet yang kami wawancarai kemudian kami akan mencoba menguraikan sistem jaringan LAN berkabel (wired network) yang dipakai oleh warnet tersebut. Contoh warnet yang kami wawancarai yaitu Global Net yang belokasi di Komp.Dosen UNHAS Tamalanrea Blok AB 1 A. Global Net merupakan warnet yang menerapkan sistem jaringan LAN berkabel (wired network).
Untuk menyusun jaringan LAN dan menghubungkan ke internet, Global Net memiliki komponen-komponen yang tersusun dari :
1. Modem : merupakan alat yang memiliki fungsi sebagai perantara bagi pemakai jasa internet, yang disambungkan pada komputer dan jalur telepon kemudian menghubungkan komputer tersebut ke jalur internet.








Contoh gambar Modem




2. Hub : Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah central connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer danmentransmisikannya ke komputer yang lain.




Contoh gambar Hub

3. Kabel UTP : Kabe UTP merupakan kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network computer, yang dimana kabel UTP ini berupa kabel yang didalamnya berisi empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45.






Contoh gambar Kabel UTP


4. Komputer Server :

II. 6. Rekomendasi Teknis untuk Tingkat Universitas
Untuk tingkat universitas, diambil contoh di gedung rektorat dapat diaplikasikan penggunaan jaringan wired (LAN) pada tiap bidang di dalam gedung tersebut. Jaringan yang diberlakukan menggunakan sistem peer to peer, dimana setiap komputer berfungsi sebagai server sekaligus client.
Pembagiannya yaitu untuk tiap komputer di setiap bidang mempunyai beberapa komputer yang masing-masing adalah server sekaligus client tidak terkecuali, sementara yang menjadi pusatnya adalah bagian Pusat Informasi dan Teknologi.








Sementara untuk mahasiswa dalam mengakses bidang-bidang tersebut, disediakan jaringan wireless yang bisa digunakannya dan dimanfaatkannya. Jaringan wireless ini menjadi jaringan resmi dari pihak rektorat untuk memmudahkan mahasiswa melakukan akses ke rektorat. Pada jaringan tersebut bisa disediakan keyword untuk keamanan akses sehingga yang bisa mengakses adalah PC yang sudah terdaftar secara resmi, tau bisa juga alternatif setiap PC memiliki keyword masing-masing yang sudah terdaftar sebelumnya.
Untuk komputer di setiap bidang dapat mengetahui secara keseluruhan isi sistem berdasarkan bagiannya masing-masing, sementara mahasiswa hanya dapat mengakses atau melihat hal-hal umum misalnya informasi-informasi mengenai kemahasiswaan dan lain-lain. Sementara yang dapat melihat secara keseluruhan sistem disemua bidang yaitu Sistem Teknologi dan Informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar