People every day to eat from the mouth down, filling her stomach. Is it every day to eat from the mouth upwards, filling his brain (learning)?
(
Meladee McCarty)

Jumat, 10 Desember 2010

STATISTKA

Definisi dan Pengertian
 Statistika adlah suatu metode ilmiah dalam mengumpulkan, mengklasifikasikan, meringkas, menyajikan, dan menganalisis data guna mendukung pengambilan kesimpulan yang valid dan berguna sehingga dapat menjadi dasar pengambilan keputusan yang masuk akal.
 Populasi adalah kumpulan dari keseluruhan pengukuran, objek, atau individu yang sedang dikaji.
 Sampel adlah sebagian, atau subset (himpunan bagian) dari suatu populasi.
 Parameter adalah bilangan atau angka yang menggambarkan karakteristik suatu populasi.
Statistic adalah bilangan atau angka yang menggambarkan karakteristik suatu sampel.
 Variable adalah symbol yang dapat bernilai berapapun dari sekumpulan nilai yang telah dijelaskan terlebih dahulu atau disebut juga domaindari variable yang bersangkutan.
 Statistic deskriptif/dedyktif.
Tahapan statistic yang meliputi kegiatan mengumpulkan, mengklasifikasikan, meringkas, menginterpretasikan, dan menyajikan data dari suatu kelompok yang terbatas, tanpa menganalisis atau menarik kesimpulan yang bias berlaku bagi kelompok yang lebih luas merupakan ruang lingkup dari statistic deskriptif/deduktif.
 Statistic inferensial/induktif
Proses pengambilan keputusan mengenai parameter populasi berdasarkan informasi yang diperoleh dari statistic sampel merupakan ruang lingkup dari statistic inferensial/induktif.


Peranan Statistik dan Penerapannya di Bidang Teknik
 Mengapa statistic diperlukan.
Ada dua alasan yang utama yaitu:
 Menggambarkan hubungan antara variable variable.
 Sebagai alat bantu pengambilan keputusan.
 Peranan statistic di bidang teknik.
Dalam praktek di berbagai bidang keteknikan metode statistic member pendekatan-pendekatan yang sangat berguna, sebagai contoh:
 Pencegahan kegagalan dalam suatu desain mesin/proses.
 Analisis eksperimen teknik
 Pengendalian mutu manufaktur
Metode Pemecahan Masalah Secara Statistik.
Pemecahan masalah secara statistic akan lebih baik apabila dilakukan dengan pendekatan yang teratur. Jika salah satu langkah ini diabaikan, hasil akhir cenderung akan tidak valid, tidak akurat, ataupun kelewat mahal. Langkah-langkah dasar pemecahan masalah tersebut antara lain:
 Identitas masalah, peniliti harus memahami dengan jelas dan mampu mengidentifikasi apa yang sebenarnya ingin dipenuhi dalam kajian yang dilakukan.
 Pengumpulan fakta-fakta yang ada, data yang dikumpulkan harus akurat, singkat namun selengkap mungkin, serta harus relevan terhadap masalah yang dihadapi.
 Pengumpulan data baru: alat bantu dan sampel. Terkadang peneliti harus mengumpulkan data baru karena data yang dibutuhkan tidak tersedia. Terdapat keuntungan dengan mengumpulkan data baru yaitu kita bias mendefinisikan variable-variabel masalah sehingga fakta-fakta yang didapat mempunyai sifat-sifat yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah tersebut.
 Pengklasifikasian dan peringkasan data. Yaitu mengidentifikasikan data yang karakteristiknya sejenis dan mengaturnya dalam suatu kelompok atau kelas.
 Penyajian dan analisis data. Penyajiannya bias dalam bentuk table, diagram, dan ukuran kuantitatif utama yang akan mempermudah pemahaman masalah.
 Pengambilan keputusan. Mempertimbangkan pilihan yang ada dengan berpedoman pada tujuan yang hendak dicapai sesuai dengan perencanaan atau keputusan yang mewakili pemecahan yang tebaik dari masalah yanf dihadapi.
Peranan Komputer dalam Statistik
 Statistik dan Komputer.
Dalam statistic, koomputer akan sangat berguna jika jumlah data yang harus ditangani sangat banyak, proses pengolahan data harus digunakan berulang-ulang, dan kompleksitas pemrosesan tidak memberikan alternative lain.
 Spreadsheet dan paket program statistic.
Alat bantu perangkat lunak computer yang digunakan dalam analisis data tersebut dapat digolongkan atas program spreadsheet elektronik dan paket program statistic.
Spreadsheet adlah sebuah program yang dapat menerima nilai data yang diberikan oleh pengguna di dalam kolom dan baris dari lembar kerjanya.
Program spreadsheet yang popular digunakan adalah lotus 1-2-3 dan Microsoft excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar